Saliwannur (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X SEMETER II SMKN 1 PERCUT SEI TUAN T. P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4122121017 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4122121017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
3. NIM 4122121017 CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4. NIM 4122121017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM 4122121017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
6. NIM 4122121017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM 4122121017 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM 4122121017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM 4122121017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
10. NIM 4122121017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
14. NIM 4122121017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
15. NIM 4122121017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap pengetahuan konseptual fisika siswa pada materi pokok fluida statis. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling dan pemilihan kelas dilakukan secara random, didapatkan siswa kelas X RPL-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ-3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda pengetahuan konseptual dengan jumlah soal 20 item dan lembar aktivitas siswa. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 29,35 dan kelas kontrol adalah 28,55 sedangkan rata-rata postes kelas eksperimen adalah 64,68 dan kelas kontrol adalah 59,52. Berdasarkan hasil observasi diperoleh persentase rata-rata aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) adalah 60,21% dengan kriteria aktif sedangkan persentase rata-rata aktivitas siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional adalah 50,49 % dengan kriteria cukup aktif. Hasil uji hipotesis dengan uji t dengan thitung > ttabel (2,23 > 1,67) menunjukkan hasil belajar pengetahuan konseptual fisika siswa dengan model kooperatif tipe group investigation (GI) lebih tinggi daripada pengetahuan konseptual fisika siswa dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 037 |
Keywords: | Group investigation; Pengetahuan konseptual; Fluida statis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 04:19 |
Last Modified: | 22 Feb 2017 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23138 |