PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X SEMETER II SMKN 1 PERCUT SEI TUAN T. P. 2015/2016

Saliwannur (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X SEMETER II SMKN 1 PERCUT SEI TUAN T. P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4122121017 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4122121017 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4122121017 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4122121017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4122121017 CURRICULUM VITAE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4122121017 CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4122121017 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4122121017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4122121017 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4122121017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4122121017 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4122121017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4122121017 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4122121017 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4122121017 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4122121017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4122121017 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4122121017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4122121017 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4122121017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4122121017 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4122121017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4122121017 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4122121017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap pengetahuan konseptual fisika siswa pada materi pokok fluida statis. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling dan pemilihan kelas dilakukan secara random, didapatkan siswa kelas X RPL-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ-3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda pengetahuan konseptual dengan jumlah soal 20 item dan lembar aktivitas siswa. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 29,35 dan kelas kontrol adalah 28,55 sedangkan rata-rata postes kelas eksperimen adalah 64,68 dan kelas kontrol adalah 59,52. Berdasarkan hasil observasi diperoleh persentase rata-rata aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) adalah 60,21% dengan kriteria aktif sedangkan persentase rata-rata aktivitas siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional adalah 50,49 % dengan kriteria cukup aktif. Hasil uji hipotesis dengan uji t dengan thitung > ttabel (2,23 > 1,67) menunjukkan hasil belajar pengetahuan konseptual fisika siswa dengan model kooperatif tipe group investigation (GI) lebih tinggi daripada pengetahuan konseptual fisika siswa dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 037
Keywords: Group investigation; Pengetahuan konseptual; Fluida statis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Feb 2017 04:19
Last Modified: 22 Feb 2017 04:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23138

Actions (login required)

View Item
View Item