Baskoro, M. Panji (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KETERAMPILAN GURU MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 3 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341065 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM 7123341065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
3. NIM 7123341065 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. NIM 7123341065 PERFACE.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
5. NIM 7123341065TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
6. NIM 7123341065 TABLE.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM 7123341065 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM 7123341065 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
9.NIM 7123341065 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (642kB) | Preview
13. NIM 7123341065 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
14. NIM 7123341065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah persepsi siswa tentang
kepemimpinan kepala sekolah dan keterampilan guru mengajar terhadap prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 3 Medan T.A
2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa
tentang kepemimpinan kepala sekolah dan keterampilan guru mengajar terhadap
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 3
Medan T.A 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri
3 Medan dengan jumlah 164 siswa dan sampel yang di ambil secara Proportional
Random Sampling sebanyak 50 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan menyebarkan kuesioner yang telah diujikan terlebih dahulu validitasnya.
Hasil penelitian berdasarkan analisa regresi diperoleh persamaan regresi Y =
37,083 + 0,237X1 + 0,467X2 hasil dari pengujian secara parsial dengan teknik
analisis uji t diperoleh hasil persepsi siswa tentang kepemimpinan kepala sekolah
(X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar diperoleh
thitung > ttabel yaitu 2,034 > 2,011 dan nilai sig 0,048< 0,05, persepsi siswa
tentang keterampilan guru mengejar (X2) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap prestasi belajar diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,530 < 2,011 dan nilai
sig 0,000 > 0,05. Untuk menguji koefisien secara keseluruhan digunakan uji F,
yang memberikan hasil bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara persepsi
siswa tentang kepemimpinan kepala sekolah dan keterampilan guru mengajar
terhadap prestasi belajar dengan nilai fhitung > ftabel yaitu 27,534 > 3,20.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini
diterima yaitu ada pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa
tentang kepemimpinan kepala sekolah dan keterampian guru mengajar terhadap
prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Medan T.A 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 NIAGA 004 |
Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah, Keterampilan Guru Mengajar, Prestasi belajar siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 09:32 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 09:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23130 |