Ritonga, Sri Dewi (2017) HUBUNGAN MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341109 COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. NIM 7123341109 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
4. NIM 7123341109 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 7123341109 KNOWLEDGMENT.pdf - Published Version
Download (940kB) | Preview
5. NIM 7123341109 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM 7123341109 TABLES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7. NIM 7123341109 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (858kB) | Preview
8. NIM 7123341109 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 7123341109 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (939kB) | Preview
13. NIM 7123341109 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara
motivasi dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan kemandirian
belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa SMA Negeri
11 Medan T.P. 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Negeri 11
Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang
berjumlah 60 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan teknik total
sampling. Teknik pengumpulan data terdiri dari dokumentasi dan angket.
Berdasarkan hasil analisis korelasi antara variabel X1 dengan Y diperoleh
bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar
siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan T.P 2016/2017 dengan nilai rhitung>
rtabel (0,638 >0,254). Hasil analisis korelasi antara variabel X2 dengan Y diperoleh
ada hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar
siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan T.P 2016/2017 dengan nilai rhitung>
rtabel (0,629 >0,254). Dari hasil analisis data dengan menggunakan analisis regresi
linier diperoleh persamaan regresi ganda adalah Y = 10,405 + 0,627 X1 + 0,661
X2. Hasil ini menunjukkan bahwa jika motivasi (X1) dan kemandirian belajar (X2)
masing-masing ditingkatkan satu satuan maka akan diikuti oleh peningkatan
prestasi belajar (Y) sebesar 0,627 + 0,661 satuan pada konstanta sebesar 10,405.
Nilai Fhitung sebesar 30,601 lebih besar dari Ftabel 3,16 membuktikan bahwa H1
diterima yang berarti bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara
motivasi dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar. Nilai koefisien
determinasi (R2) sebesar 0,518 menunjukkan bahwa hubungan variabel bebas
(motivasi dan kemandirian belajar) dengan variabel terikat (prestasi belajar)
adalah sebesar 51,8%. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel motivasi
(X1) terhadap prestasi belajar adalah sebesar 37,22%, sedangkan sumbangan
efektif yang diberikan oleh variabel kemandirian belajar (X2) terhadap prestasi
belajar adalah sebesar 34,74%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang
positif antara motivasi dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 11 Medan T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 005 |
Keywords: | Motivasi, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 08:57 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23127 |