Hasanah, Naimah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4123121041 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. 4123121041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
3. 4123121041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. 4123121041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5. 4123121041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. 4123121041 ILUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. 4123121041 TABLES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
8. 4123121041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. 4123121041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
13. 4123121041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. 4123121041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar dan perkembangan komunikasi interpersonal siswa pada materi fluida dinamis di kelas XI Semester II SMA Negeri 11 Medan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester II SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari empat kelas. Melalui teknik cluster random sampling, maka terpilih dua kelas yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 siswa. Data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan dianalisis menggunakan uji t. Sedangkan data komunikasi interpersonal siswa diperoleh melalui lembar observasi dan dianalaisis menggunakan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dan perkembangan komunikasi interpersonal siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation memiliki pengaruh yang lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi fluida dinamis di Kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 015 |
Keywords: | Hasil belajar; Komunikasi interpersonal; Pembelajaran kooperatif tipe group investigation |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 08:21 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23123 |