Ginting, Sejahtera (2017) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA/SISWI KELAS XI SMK NEGERI 1 SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6123111085 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM. 6123111085 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
3. NIM. 6123111085 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4. NIM. 6123111085 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
5. NIM. 6123111085 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 6123111085 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 6123111085 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 6123111085 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
9. NIM. 6123111085 BAB I.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
13. NIM. 6123111085 BAB V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
14. NIM. 6123111085 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
menggunakan metode pendekatan bermain terhadap keberhasilan belajar pada
teknik dasar renang gaya dada dikelas XI SMK Negeri 1 Serdang Bedagai Tahun
Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI, kemudian
diambil sampel peneltian sebanyak 1 kelas yaitu kelas XI-TSM 2 dengan jumlah
siswa sebanyak 32 orang yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui
metode pendekatan bermain. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
kelas (Classroom Action Research).
Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil
analisisnya : (1) dari tes hasil belajar I di siklus I diperoleh 14 orang (43,75%)
yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 18 orang (56,25%)
belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar
siswa adalah 73,7. (2) dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 28 orang
(87,5%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang
(12,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil
belajar siswa adalah 81. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan
nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 10,32 dan
peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 43,75%. Berdasarkan hasil analisis
data dapat dikatakan bahwa melalui metode pendekatan bermain efektif
meningkatkan hasil belajar teknik dasar renang gaya dada.
Berdasarkan Analisis Data Dapat Dikatakan Bahwa Melalui Metode
Mengajar Pendekatan Bermain Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya
Dada Dan Juga Sangat Efektif Pada Siswa Smk Negeri 1 Serdang Bedagai Tahun
Ajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 018 |
Keywords: | Hasil Belajar, Renang Gaya Dada, Bermain |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 07:51 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23118 |