Armyz, Marissa (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK LOKOMOTOR ANAK TUNAGRAHITADENGAN MENGGUNAKAN VARIASI PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DI SLB PEMBINAMEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6123111055 COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2. NIM. 6123111055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
3. NIM. 6123111055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
4. NIM. 6123111055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
5. NIM. 6123111055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 6123111055 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 6123111055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 6123111055 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 6123111055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
13. NIM. 6123111055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 6123111055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak lokomotor
berjalan, berlari dan melompat untuk anak tunagrahita dengan menggunakan variasi
pembelajaran melalui pendekatan bermain yang diberi julukan “ Post Pelangi ” pada
siswa kelas II SDLB-C Pembina Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II
SDLB- C Pembina Medan yang berjumlah 8 Siswa yang terdiri dari 6 putera dan 2
puteri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Untuk memperoleh data
dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang
berbentuk aplikasi pembelajaran gerak dasar lokomotor dengan menerapkan
permainan “ Post Pelangi”.
Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya:
(1). Pada Siklus I, dari 8 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini,
ternyata hanya 3 orang siswa (37,5%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar,
sedangkan selebihnya yaitu 5 orang siswa (62,5%) belum memiliki ketuntasan belajar.
Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 64,05. (2). Pada Siklus II, ternyata 7
orang siswa (87,5%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya
yaitu 1 orang siswa (12,5%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang
diperoleh hanya mencapai 71,85.
Berdasarkan hal diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan
menggunakan variasi pembelajaran melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan
hasil belajar gerak lokomotor anak tunagrahita di SLB Pembina Medan T.A.
2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 021 |
Keywords: | Hasil Belajar, Gerak Dasar, Tunagrahita |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV1060.5 Track and field athletics G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 07:31 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23111 |