Ginting, Satria (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT CHASIS DAN PEMINDAH TENAGA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS II TKR 1 SMK NEGERI 1 MERDEKA T. A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113122043 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 5113122043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
3. NIM. 5113122043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4. NIM. 5113122043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. 5113122043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. 5113122043 TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. 5113122043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. 5113122043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
9. 5113122043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
13. 5113122043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
14. 5113122043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dan aktifitas
belajar serta mengetahui hubungan antara hasil belajar dan aktivitas belajar pada
Mata Diklat Chasis dan Pemindah Tenaga dengan menggunakan Model
Pembelajaraan Kooperatif Tipe Jigsaw. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas II TKR 1 SMK N 1 Merdeka semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang
berjumlah 35 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah berbagai kegiatan yang terjadi
di dalam kelas selama Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw yang
meliputi suasana belajar, keaktifan siswa, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil
analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 21 orang siswa yang tuntas belajarnya
(60%) dengan nilai rata-rata 71,8068 dan pada siklus II menjadi 30 orang siswa yang
tuntas belajarnya (85,71%) dengan nilai rata-rata 78,2834. Dengan demikian terjadi
peningkatan hasil belajar sebesar 25,71%. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi
pada siklus I dan II secara berturut-turut, nilai r yang diperoleh adalah 0,933 dan
0,91. Setelah nilai r dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dengan
nilai N sama dengan 35 (0,334), maka dapat dilihat bahwa r hitung (siklus I dan
siklus II) > r tabel. Karena telah mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II
dan nilai koefisien korelasi (r) siklus I dan siklus II lebih besar dari r tabel maka
dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat
meningkatkan hasil belajar Mata Diklat Chasis dan Pemindah Tenaga pada siswa
kelas II TKR 1 SMK Negeri 1 Merdeka T.A. 2015/2016 serta terdapat hubungan
yang yang positif aktivitas belajar dengan antara hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MES 003 |
Keywords: | Hasil Belajar, Pemindah Tenaga, Pembelajaran Kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 04:51 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 04:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23108 |