Badli, Husnil (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK SWASTA BANDUNG 2 T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 5113121023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
NIM. 5113121023 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
NIM. 5113121023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
NIM. 5113121023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
NIM. 5113121023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
NIM. 5113121023 TABLES.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
NIM. 5113121023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
NIM. 5113121023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
NIM. 5113121023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
NIM. 5113121023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa
dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Pada mata diklat
alat ukur kompetensi dasar menggunakan peralatan pembanding dan pengukuran
dasar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Bandung 2 Deli
Serdang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari
penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Bandung 2
Deli serdang sebanyak 28 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil siswa
menggunakan alat ukur pada kompetensi dasar menggunakan peralatan
pembanding dan/atau pengukuran dasar pada pokok bahasan
penyetelan/pengukuran dan pemeliharan jangka sorong dan mikrometer sesuai
dengan prosedur operasi standar. Sebelum dilaksanakan tindakan pada siklus I,
Siswa terlebih dahulu diberikan soal pretest untuk melihat kemampuan awal
siswa. Pada siklus I Nilai rata – rata siswa 74,28 dengan ketuntasan klasikal
67,85% dan setelah dilakukannya perbaikan pada penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada Siklus II diperoleh Nilai rata – rata
siswa menjadi 87,14 dengan ketuntasan klasikal 85,71%. Dapat disimpulkan
bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat
meningkatkan hasil belajar siswa mata diklat alat ukur kompetensi dasar
memelihara peralatan pembanding dan pengukuran dasar dari nilai tahun
sebelumnya dengan rata rata nilai hasil belajar 67,66, kemudian setelah dilakukan
tindakan pada siklus I, rata – rata nilai Hasil Belajar menjadi 76,69 dengan
ketuntasan kelasikal 67,85% , dan pada siklus II rata – rata hasil belajar Siswa
meningkat menjadi 84,43 dengan ketuntasan kelasikal 85,71%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MES 012 |
Keywords: | Hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ181 Mechanical movements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 04:20 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23103 |