Natalina, Chanrika (2017) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN KEKUATAN BERDUA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK PUISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAHAE JULU TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 Nim 2123311013 Cover.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. Nim 2123311013 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (680kB) | Preview
3. Nim 2123311013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4. Nim 2123311013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
5. Nim 2123311013 Table of Content.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
6. Nim 2123311013 Tables.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. Nim 2123311013 Appendices.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8. Nim 2123311013 Chapter I.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
12. Nim 2123311013 Chapter V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. Nim 2123311013 References.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan Strategi Kekuatan
Berdua dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik puisi. Populasi
dalam penelitian ini berjumlah 103 siswa kelas X SMA Negeri 1 Pahae Julu.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 orang yang diambil dengan teknik
random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes
essay.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.
Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre test = 50, standar
deviasi = 7,62, dan termasuk dalam kategori baik dan baik tidak ada atau 0%,
kategori cukup sebesar 42% sebanyak 11 orang siswa, kategori kurang sebesar
57% sebanyak 15 orang siswa dan kategori sangat kurang sebanyak 0%. Nilai
rata-rata post test = 61.5, standar deviasi = 8.56, dan termasuk dalam kategori,
yaitu kategori sangat baik tidak ada, kategori baik sebanyak 15,3% sebanyak 4
siswa, kategori cukup 69,2% sebanyak 18 siswa, dan kategori kurang sebanyak
15,3% sebanyak 4 siswa, sedangkan kategori sangat kurang tidak ada atau 0%.
Berdasarkan uji normalitas, hasil pre test dan post test berdistribusi normal.
Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari
populasi yang homogen. Setelah uji homogenitas dan normalitas dilakukan, maka
diketahui t0 sebesar 5,04 selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t
dengan taraf signifikan α 5% dengan satu pihak dimana dk=(n-1) maka ttabel = 2,05
sehingga jika dibandingkan dengan t0 dengan ttabel maka t0>ttabel (5,04 > 2,05)
maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Pembelajaran
Kekuatan Berdua berpengaruh positif terhadap kemampuan mengidentifikasi
unsur intrinsik puisi kelas X SMA Negeri 1 Pahae Julu Tahun Pembelajaran
2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 015 |
Keywords: | Strategi kekuatan berdua, unsur intrinsik puisi, mengidentifikasi unsur intrinsik. |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 02:16 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23079 |