HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENYUSUN RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON DI SMK NEGERI 2 BINJAI

Sinaga, Nia Oktavia (2017) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENYUSUN RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON DI SMK NEGERI 2 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5123311021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5123311021 COVER.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5123311021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5123311021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (841kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5123311021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5123311021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5123311021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5123311021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5123311021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5123311021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5123311021 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5123311021 TABLES.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5123311021 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5123311021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5123311021 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5123311021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 5123311021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 5123311021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5123311021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5123311021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5123311021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5123311021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar menyusun rencana anggaran biaya (RAB) pada siswa kelas XI Program Keahlian teknik kontruksi batu dan beton di SMK Negeri 2 Binjai. Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang mempengaruhi belajar siswa yaitu faktor internal, diantaranya disiplin belajar dan motivasi belajar yang mengakibatkan hasil belajar siswa yang kurang optimal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Deskriptif jenis Studi Korelasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel yang akan diteliti. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu Dan Beton Di SMK Negeri 2 Binjai yang berjumlah 50 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket disiplin, angket motivasi dan tes soal pilihan berganda. Uji normalitas masing-masing variabel penelitian pada α = 0.05 dengan sampel 50 berdistribusi normal didapat hasil sebagai berikut : 1) Galat taksiran Y ̂ atas X1 yaitu L0 = 0,077 < Ltab = 0.125. 2) Galat taksiran Y ̂ atas X2 yaitu L0 = 0,084 < Ltab = 0.125. Uji liniearitas persamaan regresi masing-masing variabel penelitian pada taraf signifikansi 5% mempunyai hubungan liniear didapat hasil : 1) Persamaan regresi sederhana Y atas X1 yaitu Y = 16,856 + 0,778 X1 dimana Fh = 1.12 < Ft = 1,98. 2) Persamaan regresi sederhana Y atas X2 yaitu Y = 24,499 + 0,676 X2 dimana Fh = 0.60 < Ft = 1,98. Uji keberartian persamaan regresi antara variabel penelitian mempunyai hubungan positif dan berarti pada taraf signifikansi 5% didapat hasil : 1) Persamaan regresi sederhana Y atas X1 yaitu Y = 16,856 + 0,778 X1 dimana Fh = 34,47 > Ft = 4,04. 2) Persamaan regresi sederhana Y atas X2 yaitu Y = 24,499 + 0,676 X2 dimana Fh = 40,42 > Ft = 4,04. 3) Persamaan regresi ganda Y atas X1 dan X2 yaitu : Y = 5,479 + 0,451 X1 + 0,454 X2 dimana Fh = 10,216 > Ft = 3,20. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan yang positif dan berarti antara : 1) Disiplin Belajar (X1) dengan Hasil Belajar Menyusun Rencana Anggaran Biaya (Y) dapat diterima. 2) Motivasi Belajar (X2) dengan Hasil Belajar Menyusun Rencana Anggaran Biaya (Y) dapat diterima. 3) Disiplin Belajar (X1) dan Motivasi Belajar (X2) secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Menyusun Rencana Anggaran Biaya (Y) dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BAN 006
Keywords: Disiplin belajar; Motivasi belajar; Hasil belajar; Menyusun rencana anggaran biaya
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Feb 2017 02:20
Last Modified: 21 Feb 2017 02:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23075

Actions (login required)

View Item
View Item