Ginting, Debora Elfrida (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TEERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK TUMPANG TINDIH PADA ALAS PANAS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113143005 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. NIM. 5113143005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
3. NIM. 5113143005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM. 5113143005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM. 5113143005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM. 5113143005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM. 5113143005 TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 5113143005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 5113143005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
13. NIM. 5113143005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
14. NIM. 5113143005 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui hasil belajar teknik tumpang tindih pada alas panas dengan menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas XI SMK Negeri 1 Berastagi. 2) Untuk mengetahui hasil belajar teknik tumpang tindih pada alas panas setelah menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan media flipchart siswa kelas XI SMK Negeri 1 Berastagi. 3) Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh hasil belajar teknik tumpang tindih pada alas panas setelah menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan media flipchart di kelas XI SMK Negeri 1 Berastagi. Populasi dalam peneitian ini berjumlah 97 siswa kelas XI Kriya Tekstil SMK negeri 1 Berastagi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 3 siswa dan kelas kontrol sebanyak 32 siswa, dengan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi eksperimen). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar teknik tumpang tindih pada alas panas pada siswa kelas XI Kriya Tekstil SMK Negeri 1 Berastagi untuk kelas eksperimen cenderung sangat tinggi yaitu 75%. Dan tingkat kecenderungan hasil belajar teknik tumpang tindih pada alas panas untuk kelas kontrol cenderung tinggi namun hanya 46,87%. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus Liliefors pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 32, di peroleh data hasil belajar teknik tumpang tindih pada alas panas kelas eksperimen berdistribusi normal karena Lhitung < Ltabel (0,051592 < 0,156) dan kelas kontrol dengan dk = 32, berdistribusi normal karena Lhitung < Ltabel (0,018296 < 0,156). Uji homogenitas, diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 0,45 < 1,83 sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t di peroleh nilai thitung sebesar 4,261 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 62 sebesar 1,671. Dengan demikian thitung>ttabel (4,261 > 1,671). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran langsung berbantuan media flipchart terhadap hasil belajar teknik tumpang tindih pada alas panas siswa kelas XI SMK Negeri 1 Berastagi. Berdasarkan hasil perhitunga diatas, dapat dilihat bahwa penerapan model pembelajaran langsung berbantuan media flipchart baik digunakan di SMK Negeri 1 Berastagi terutama dalam mata pelajaran jahit perca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BUS 005 |
Keywords: | Model pembelajaran langsung berbantuan media flipchart; Teknik tumpang tindih |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Feb 2017 10:11 |
Last Modified: | 20 Feb 2017 10:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23070 |