Hasibuan, Safrida Mayanti (2017) PENGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK PAB 2 HELVETIA T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341101 COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. NIM 7123341101 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 7123341101 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. NIM 7123341101 KNOWLEDGMENT.pdf - Published Version
Download (897kB) | Preview
5. NIM 7123341101 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (871kB) | Preview
6. NIM 7123341101 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7. NIM 7123341101 TABLES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8. NIM 7123341101 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (844kB) | Preview
9. NIM 7123341101 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7123341101 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM 7123341101 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan
sumber belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran kewirausahaan SMK PAB 2 Helvetia T.P 2016/2017. Penelitian ini
dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 110 orang. Sampel penelitian ini
berjumlah 36 siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data
terdiri dari dokumentasi dan angket.
Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi
Ŷ = 14,334 + 0,728 X1 + 0,462X2 yang berarti jika koefisien penggunaan sumber
belajar naik satu satuan, maka nilai hasil belajar akan naik 0,728 satuan. Jika nilai
motivasi belajar naik satu satuan maka nilai hasil belajar akan naik 0,462 satuan.
Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif
dan signifikan antara penggunaan sumber belajar dengan hasil belajar
kewirausahaan siswa dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,728 dengan nilai
thitung >ttabel atau 3,420 > 2,034. Hasil Hipotesis kedua menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil
belajar kewirausahaan siswa dengan koefisien regresi sebesar 0,462 dan thitung
>ttabel atau 2,118 > 2,034. Hasil uji hipotesis ketiga diperoleh Fhitung>Ftabel
(16,241>3,285) yang berarti penggunaan sumber belajar dan motivasi belajar
secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar
kewirausahaan. Nilai R² adalah 0,496 membuktikan besarnya pengaruh
penggunaan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar
kewirausahaan adalah sebesar 49,6%, sedangkan sisanya 50,1% sisanya
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif
dan signifikan antara penggunaan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap
hasil belajar kewirausahaan siswa SMK PAB 2 Helvetia T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Penggunaan Sumber Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Keywords: | SK-2017 ADP 002 |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 08:46 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23062 |