Siregar, Nurjannah (2017) PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN KARAKTER SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK SWASTA PAB.2 HELVETIA T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341079 COVER.pdf - Published Version
Download (917kB) | Preview
2. NIM 7123341079 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. NIM 7123341079 KNOWLEDGMENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. NIM 7123341079 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM 7123341079 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM 7123341079 TABLE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7. NIM 7123341079 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8. NIM 7123341079 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (844kB) | Preview
9. NIM 7123341079 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7123341079 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM 7123341079 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (872kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Kreativitas
belajar dan Karakter siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Pelajaran
Kewirausahaan Kelas X AP SMK Swasta PAB 2 Helvetia T.P. 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta PAB 2 Helvetia. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 36 orang. Sampel
penelitian ini berjumlah 36 siswa dengan teknik random sampling. Teknik
pengumpulan data terdiri dari dokumentasi dan angket.
Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi Ŷ
= 14,334 + 0,728 X1 + 0,462X2 yang berarti jika koefisien kreativitas belajar siswa
naik satu satuan, maka nilai prestasi belajar akan naik 0,728 satuan. Jika nilai
karakter siswa naik satu satuan maka nilai prestasi belajar akan naik 0,462 satuan.
Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara kreativitas belajar dengan prestasi belajar kewirausahaan siswa
dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,728 dengan nilai thitung >ttabel atau 3,420 >
2,034. Hasil Hipotesis kedua menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif
dan signifikan antara karakter siswa dengan prestasi belajar kewirausahaan siswa
dengan koefisien regresi sebesar 0,462 dan thitung >ttabel atau 2,118 > 2,034. Hasil
uji F diperoleh Fhitung>Ftabel (16,241>3,285) yang berarti kreativitas belajar dan
karakter siswa secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap
prestasi belajar kewirausahaan siswa. Nilai R² adalah 0,496 membuktikan
besarnya pengaruh kreativitas belajar dan karakter siswa terhadap prestasi belajar
kewirausahaan adalah sebesar 49,6%, sedangkan sisanya 50,1% sisanya
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif
dan signifikan antara kreativitas belajar dan karakter siswa terhadap prestasi
belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Swasta PAB 2 Helvetia Tahun
Pembelajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 001 |
Keywords: | Kreativitas Belajar, Karakter Siswa, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 08:38 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 08:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23060 |