Pohan, Agustina (2017) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK PAB 2 HELVETIA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341007 COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. NIM 7123341007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 7123341007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. NIM 7123341007 KNOWLEDGMENT.pdf - Published Version
Download (897kB) | Preview
5. NIM 7123341007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (870kB) | Preview
6. NIM 7123341007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (843kB) | Preview
7. NIM 7123341007 TABLES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8. NIM 7123341007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9. NIM 7123341007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7123341007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (870kB) | Preview
14. NIM 7123341007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh fasilitas belajar
dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan
SMK PAB 2 Helvetia T.A 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK
PAB 2 Helvetia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP
yang berjumlah 39 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 39 siswa dengan teknik
random sampling. Teknik pengumpulan data terdiri dari dokumentasi dan angket.
Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi
Ŷ = 12,819 + 0,555 X1 + 0,692 X2 yang berarti jika koefisien fasilitas belajar naik
satu satuan, maka nilai hasil belajar akan naik 0,555 satuan. Jika nilai minat
belajar naik satu satuan maka nilai hasil belajar akan naik 0,692 satuan. Hasil uji
hipotesis pertama menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar kewirausahaan siswa dengan
nilai koefisien regresi sebesar 0,555 dengan nilai thitung >ttabel atau 2,825 > 2,028.
Hasil Hipotesis kedua menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar kewirausahaan siswa dengan
koefisien regresi sebesar 0,692 dan thitung > ttabel atau 3,122 > 2,028. Hasil uji
hipotesis ketiga diperoleh Fhitung>Ftabel (20,328 > 3,259) yang berarti fasilitas
belajar dan minat belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan
terhadap hasil belajar kewirausahaan. Nilai R² adalah 0,530 membuktikan
besarnya pengaruh fasilitas belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar
kewirausahaan adalah sebesar 53%, sedangkan sisanya 47% sisanya dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif
dan signifikan antara fasilitas belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar
kewirausahaan siswa SMK PAB 2 Helvetia T.A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 003 |
Keywords: | Fasilitas Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 08:33 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23059 |