PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Hastina,, Rina (2017) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2123311069 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2123311069 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2123311069 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2123311069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (791kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2123311069 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2123311069 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2123311069 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2123311069 PREFACE.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2123311069 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2123311069 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2123311069 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2123311069 TABLES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2123311069 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2123311069 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2123311069 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2123311069 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2123311069 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2123311069 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2123311069 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2123311069 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tebingtinggi Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 248 siswa. Dari 248 siswa tersebut, ditetapkan sampel sebanyak 25 siswa yang diambil menggunakan purposive sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasih eksperimen one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks berita siswa sebelum menggunakan model discovery learning tergolong dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 51,60, sedangkan kemampuan menulis teks berit siswa setelah menggunakan model discovery learning tergolong baik dengan rata-rata (mean) yang diperoleh siswa 75,80. Selanjutnya uji hipotesis menunjukkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 IND 011
Keywords: Menulis, Teks Berita, Model discovery learnig
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699 Journalism. The periodical press, etc.
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Feb 2017 07:48
Last Modified: 17 Feb 2017 07:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23054

Actions (login required)

View Item
View Item