Martunisa (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 NISAM. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM 8146171051 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
02. NIM 8146171051LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
03. NIM 8146171051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
04. NIM 8146171051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
05. NIM 8146171051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
06. NIM 8146171051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
07. NIM 8146171051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
08. NIM 8146171051 BAB I.pdf - Published Version
Download (822kB) | Preview
012. NIM 8146171051 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
013. NIM 8146171051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) efektivitas perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan; 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan; 3) peningkatan berpikir kritis siswa yang diajar melalui perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan; dan 4) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik menggunakan model pengembangan Four-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan di kelas VII-2 dan VII-4 SMPN 1 Nisam untuk melihat efektivitasnya. Dari hasil uji coba I dan Uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan efektif, ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) waktu pembelajaran; 2) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan dapat Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; 3) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan dapat Meningkatkan berpikir kritis siswa; dan 4) respon positif siswa terhadap aktivitas dan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Mar p |
Keywords: | Pengembangan perangkat; Model 4-D; Pendekatan realistik; Pemecahan masalah; Berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 04:48 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23049 |