Tobing., Aprianita (2016) PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 9 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3133111006 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 3133111006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
3. NIM. 3133111006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4. NIM. 3133111006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
5. NIM. 3133111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. NIM. 3133111006 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. NIM. 3133111006 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 3133111006 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 3133111006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
13. NIM. 3133111006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
14. NIM. 3133111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru PPKn di SMA Negeri 9 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket (kuesioner) dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan rumus presentase. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 9 Medan yang terdiri dari 22 kelas, dengan jumlah 804 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling (sampel bertujuan) yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas X MIA dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang, kelas XI MIA dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang dan kelas XII MIA dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Dengan demikian, jumlah siswa yang dijadikan sampel sebanyak 101 siswa dari siswa di SMA Negeri 9 Medan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru PPKn di SMA Negeri 9 Medan cukup baik dengan persentase 55,44%. Dari enam indikator terdapat dua indikator yang tergolong baik, tiga indikator yang tergolong cukup baik dan satu indikator yang tergolong kurang baik. Dua indikator baik tersebut ditunjukkan oleh kemampuan guru dalam pengembangan materi pelajaran dengan persentase 71,28%, dan dalam penggunaan sumber belajar dengan persentase 61,06%. Tiga indikator cukup baik ditunjukkan oleh kemampuan guru dalam penggunaan model pembelajaran dengan persentase 43,07%, dalam penggunaan metode pembelajaran dengan persentase 50,49%, serta dalam evaluasi hasil belajar dengan persentase 58,16%. Satu indikator kurang baik ditunjukkan oleh kemampuan guru dalam pemanfaatan media pembelajaran dengan persentase 31,68%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PKN 006 |
Keywords: | Persepsi, kompetensi pedagogik, PKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 04:10 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23039 |