Khairunnisa, Ummul (2016) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN INVERTEBRATA DI KELAS X SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4103341055 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 4103341055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
3. NIM. 4103341055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
4. NIM. 4103341055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5. NIM. 4103341055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 4103341055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 4103341055 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 4103341055 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 4103341055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
13. NIM. 4103341055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM. 4103341055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar siswa pada Pembelajaran Invertebrata di Kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat tahun pembelajaran 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan tes objektif sebagai alat untuk mendpatkan data penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat T.P 2014/2015 yang terdiri atas 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 160 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara acak kelompok dan dibagi atas dua kelas, dimana kelas X_1di jadikan sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan kontekstual dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang dan kelas X_2dijadikan sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang, sehingga jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 80 orang. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, baik data hasil belajar siswa pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Sementara berdasarkan hasil analisis data penelitian, terlihat adanya perbedaan hail belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dimana rata- rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 74,6. Peningkatan hasil belajar siswa SMA Swasta Persiapan Stabat sebesar 5,6%. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut, juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji- t dan taraf kepercayaan α = 0,05 dimana 〖t 〗_(hitung )> 〖t 〗_(tabel )(2,60 > 1,99) yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak sekaligus menerima Ha. Sedangkan pencapaian ketuntasan secara klasikal sebesar 90%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa materi pokok invertebrate kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat T.P 2014/ 2015. Ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran Invertebrata dikategorikan tuntas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 008 |
Keywords: | Pendekatan contextual teaching learning; Hasil belajar biologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 04:02 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23037 |