Harahap, Siti Rahmadani (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI POKOK VIRUS DIKELAS X ALIYAH AL-FAJRI TANJUNGBALAI T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141090 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4123141090 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM. 4123141090 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 4123141090 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 4123141090 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 4123141090 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 4123141090 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 4123141090 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 4123141090 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
13. NIM. 4123141090 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM. 4123141090 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning pada materi virus dikelas X Aliyah Al-Fajri Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2016/2017. populasi penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X1 yang berjumlah 30 siswa dan kelas X2 yang berjumlah 30 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 1 kelas yaitu kelas X2 yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah secara random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, alat pengambilan data dalam penelitian adalah soal dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 30 item soal. Dalam penelitian ini keefektifan suatu pembelajaran dilihat dari tiga indikator yaitu (1) ketuntasan belajar siswa, (2) ketuntasan pencapaian indikator pembelajaran, dan (3) tingkat penguasaan siswa. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa dari 30 orang sampel terdapat 27 orang atau 90% yang telah tuntas belajar, secara klasikal ketuntasan belajar siswa telah terpenuhi, dari 5 indikator, tercapai kelimanya dengan rata-rata 86.79%, dan untuk tingkat penguasaan siswa dari 30 orang terdapat 1 orang atau 3.3% yang mempunyai tingkat penguasaan sangat tinggi, ada 17 orang atau 56.7% yang mempunyai tingkat penguasaan tinggi, ada 9 orang atau 30% yang mempunyai tingkat penguasaan sedang, ada 2 orang atau 6.6% yang mempunyai tingkat penguasaan rendah, dan ada 1 orang atau 3.3% yang mempunyai tingkat penguasaan sangat rendah maka secara klasikal tingkat penguasaan siswa 85% sudah berhasil menguasai materi dengan tingkat penguasaan baik. Berdasrkan keefektifan pada penelitian ini, dinyatakan bahwa model pembelajaran problem based learning efektif digunakan pada materi pokok virus di kelas X Aliyah Al-fajri Tanjungbalai Tahun pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 006 |
Keywords: | Efektivitas pembelajaran; Model pembelajaran problem based learning; Pembelajaran biologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 03:36 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23030 |