Ginting, Oliva Sara (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII- 6 SMP NEGERI 1 PANCUR BATU T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4123311039 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2.NIM 4123311039 LEMBAR PENGESAHAN masleni.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
3.NIM 4123311039 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4.NIM 4123311039 ABSTRAK.doc.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
5.NIM 4123311039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
6.NIM 4123311039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7.NIM 4123311039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8.NIM 4123311039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9.NIM 4123311039DAFTAR DIAGRAMHalaman.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
10.NIM 4123311039 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
11.NIM 4123311039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
12.NIM 4123311039 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
16.NIM 4123311039 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
17.NIM 4123311039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri pada sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Pancur Batu T.A 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Pancur Batu yang berjumlah 34 orang siswa dan objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan strategi pembelajaran Inkuiri pada sistem persamaan linear dua variabel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes diagnostik, observasi pembelajaran, tes pemecahan masalah matematis dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes diagnostik untuk mengetahui kemampuan awal siswa terhadap soal pemecahan masalah matematis dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes diagnostik yaitu 10 dari 34 orang siswa (29,4 %) dengan rata-rata nilai kelas 58. Hasil analisis data pada siklus I setelah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri menunjukkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 20 orang siswa (58,9 %) dengan rata-rata kelas 67,1 mengalami peningkatan pada siklus II dengan strategi pembelajaran inkuiri diperoleh jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 29 orang siswa (85,29 %) dengan rata-rata 74,3. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa meningkat dan tuntas sesuai ketuntasan belajar klasikal yang ditentukan melalui pembelajaran inkuiri. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan strategi pembelajaran inkuiri sebagai alternatif dalam pembelajaran dan selalu membuat latihan, tes yang bertujuan lebih melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 007 |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Teori belajar; Materi faktorisasi; Aljabar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 03:19 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23024 |