Dalimunthe, Jumlia Syaulani Rizki (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN FISIKA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4121121015 COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2. NIM. 4121121015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
3. NIM. 4121121015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4. NIM. 4121121015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
5. NIM. 4121121015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM. 4121121015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM. 4121121015 TABLES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 4121121015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 4121121015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
13. NIM. 4121121015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM. 4121121015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran inquiry training, pembelajaran konvensional serta untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian Two Group Pretes – Posttes design. Sampel kelas diambil dengan metode cluster random sampling. Sampel penelitian adalah kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan kelas X-C sebagai kelas kontrol di sekolah MAS Al Wasliyah 22 Tembung. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes hasil belajar keterampilan proses sains dalam bentuk essay dengan jumlah soal 10 buah. Berdasarkan hasil analisis data pretes di peroleh rata-rata kelas eksperimen 37,5 dengan standar deviasi 6,93 dan rata-rata kelas kontrol 36,8 dengan standar deviasi 7,10. Ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Kemudian kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Hasil yang diperoleh rata-rata postes kelas eksperimen 74,83 dan kelas kontrol 69,07. Kedua kelompok berdistribusi normal dan varians kedua kelas homogen. Hal ini menunjukkan ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains pada pembelajaran fisika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 009 |
Keywords: | Inquiry training; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 03:07 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23020 |