Silaban, Wiarno Suyadi (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN LAS DI KELAS VII-B SMP NEGERI 3 SIEMPATNEMPU T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4122111024 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4122111024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
3. NIM 4122111024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4. NIM 4122111024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. NIM 4122111024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
6. NIM 4122111024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
7. NIM 4122111024 TABLES.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
8. NIM 4122111024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
9. NIM 4122111024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (725kB) | Preview
13. NIM 4122111024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
14. NIM 4122111024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada materi Aritmatika Sosial di Kelas VII-B SMP Negeri 3 Siempatnempu dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan LAS. Data dalam peneltian ini diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika pada siklus I dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada siklus II. Tes hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berbentuk uraian yaitu pada siklus I sebanyak 4 soal dan pada siklus II sebanyak 4 soal.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes awal sampai tes kemampuan pemecahan masalah siswa. Pada tes awal, belum ada siswa yang mencapai ketuntasan pemecahan masalah atau 0% dengan rata-rata kelas 0,98. Hasil analisis data pada siklus I setelah diberikan tindakan pembelajaran kooperatif tipe STAD menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan pemecahan masalah adalah 14 siswa dari 34 siswa atau 41,18% dengan rata-rata kelas 2,33. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyak siswa yang mencapai ketuntasan pemecahan masalah yaitu 30 siswa dari 34 siswa atau 88,24% dengan rata-rata kelas 3,18. Ini berarti terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dari siklus I hingga siklus II sebesar 47,06%. Penelitian ini juga memperoleh peningkatan pengelolaan dan pelaksanaan pembelajaran yaitu 2,7 (kategori baik) pada siklus I meningkat menjadi 3,4 (kategori sangat baik) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan LAS, kemampuan pemecahan masalah siswa khususnya pada materi Aritmatika Sosial kelas VII-B SMP Negeri 3 Siempatnempu adalah meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 013 |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe STAD; Pemecahan masalah; Aritmatika sosisal |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 02:58 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23017 |