PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN

Sitepu, Dewi Ratna Pertiwi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4123321013 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4123321013 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4123321013 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4123321013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4123321013 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4123321013 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4123321013 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4123321013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4123321013 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4123321013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123321013 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123321013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4123321013 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4123321013 TABLES.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4123321013 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4123321013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4123321013 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4123321013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4123321013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4123321013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4123321013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4123321013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4123321013 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4123321013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains fisika siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan macromedia flash pada materi pokok Besaran dan Satuan kelas X SMA Negeri 7 Tanjung Balai T.P. 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Tanjung Balai T.P. 201/2017 yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 245 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yang mengambil 2 kelas dari 7 kelas, yaitu kelas X -1 sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Inquiry Training, dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 35 siswa. Data penelitian ini diperoleh menggunakan instrument essay test dalam bentuk keterampilan proses sains berjumlah 6 item soal yang telah divalidkan oleh validator, observasi sikap dan keterampilan siswa berupa lembar penilaian yang digunakan oleh observer. Uji hipotesis menggunakan uji t.
Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 32,06 dan nilai pre-test rata-rata kelas kontrol 31,74. Setelah pembelajaran selesai diberikan pos-test dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,49 dan kelas kontrol 69,27. Dari hasil uji t diperoleh thitung= 10,42 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel (10,42 > 1,67) maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh akibat perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan Macromedia Flash lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 006
Keywords: Model pembelajaran inquiry training; Keterampilan proses sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 Feb 2017 02:44
Last Modified: 17 Feb 2017 02:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23015

Actions (login required)

View Item
View Item