Damanik, Mhd. Anshari (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MEDIA RINTANGAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS XI MAN LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.6123111057 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 6123111057 PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
4. NIM.6123111057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
3. NIM.6123111057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
5. NIM.6123111057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
13. NIM.6123111057 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
14. NIM.6123111057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8. NIM.6123111057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
7. NIM.6123111057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
6. NIM.612311157 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. NIM.6123111057 BAB I.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat
jauh gaya jongkok melalui penerapan pendekatan Saintifik menggunakan media
Rintangan pada siswa kelas XI MAN L.Pakam Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan MAN L.Pakam di. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
XI IPA-2 MAN L.Pakam yang berjumlah 32 orang diantaranya terdiri dari 12
siswa dan 20 siswi.
Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa
kemampuan siswa dalam melakukan Lompat jauh Gaya Jongkok masih rendah
yaitu 12 siswa atau 38% yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 20
siswa atau 62% belum mencapai ketuntasan belajar. Selanjutnya diberi
pembelajaran Lompat jauh Gaya Jongkok melalui penerapan pendekatan saintifik.
Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa.
Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil
dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Untuk
memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang
dinilai berdasarkan portofolio yang telah disediakan. Setelah pengulangan dengan
pembelajaran Lompat jauh Gaya Jongkok melalui penerapan pendekatan saintifik
menggunakan media rintangan maka diadakan tes siklus I dan siklus II.Dari tes
hasil belajar siklus I diperoleh 24 siswa atau 75% yang telah mencapai tingkat
ketuntasan belajar, sedangkan 8 siswa atau 25% tidak tuntas, dengan nilai rata-rata
klasikal sebesar 79,68 . Pada tes siklus II hasil belajar Lompat jauh Gaya Jongkok
yaitu 29 siswa atau 90,6% yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3
siswa atau 9,3% tidak tuntas,dengan rata-rata nilai klasikal sebesar 87,69. Dapat
dilihat bahwa hasil belajar siswa dimulai dari data awal, siklus I hingga siklus II
telah terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas dan memenuhi kriteria
ketuntasan klasikal.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa melalui
penerapan pendekatan saintifik menggunakan media rintangan dapat
meningkatkan hasil belajar Lompat jauh Gaya Jongkok pada siswa kelas XI
Madrasah Aliyah Negeri Lubuk Pakam Tahun ajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 015 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, lompat Jauh, gaya Jongkok |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 02:27 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23011 |