Rosita (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA PANCA BUDI MEDAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM (41233221046) COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2.NIM (4123321046) LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
3. NIM (4123321046) RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. NIM (4123321046) ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5. NIM ( 4123321046) KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
6. NIM (4123321046) DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
7. NIM (4123321046) DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM (4123321046) DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
9. NIM (4123321046) DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
10. NIM (4123321046) BAB I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
14. NIM (4123321046) BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
15. NIM (4123321046)DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi Suhu dan Kalor di kelas X Semester II di SMA Panca Budi Medan T.A. 2015/2016. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester ganjil SMA Panca Budi Medan terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian diambil dua kelas yaitu kelas X-1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X-2 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 32 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian adalah tes essay, jumlah soal 10 item yang telah divalidkan oleh validator. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 37,03 dan kelas kontrol adalah 33,59 sedangkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 67,5 dan kelas kontrol 56,75. Melalui uji t diperoleh hasil signifikan bahwa hasil belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 010 |
Keywords: | Quasi eksperimen; Pembelajaran inkuiri terbimbing; Konvensional |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 01:56 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23004 |