PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA PANCA BUDI MEDAN T.A. 2015/2016

Rosita (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA PANCA BUDI MEDAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM (41233221046) COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM (41233221046) COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM (4123321046) LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2.NIM (4123321046) LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM (4123321046) RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM (4123321046) RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM (4123321046) ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM (4123321046) ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM ( 4123321046) KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM ( 4123321046) KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM (4123321046) DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM (4123321046) DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM (4123321046) DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM (4123321046) DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM (4123321046) DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM (4123321046) DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM (4123321046) DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM (4123321046) DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM (4123321046) BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM (4123321046) BAB I.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM (4123321046) BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM (4123321046) BAB V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM (4123321046)DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM (4123321046)DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi Suhu dan Kalor di kelas X Semester II di SMA Panca Budi Medan T.A. 2015/2016. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester ganjil SMA Panca Budi Medan terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian diambil dua kelas yaitu kelas X-1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X-2 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 32 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian adalah tes essay, jumlah soal 10 item yang telah divalidkan oleh validator. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 37,03 dan kelas kontrol adalah 33,59 sedangkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 67,5 dan kelas kontrol 56,75. Melalui uji t diperoleh hasil signifikan bahwa hasil belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 010
Keywords: Quasi eksperimen; Pembelajaran inkuiri terbimbing; Konvensional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 Feb 2017 01:56
Last Modified: 17 Feb 2017 01:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23004

Actions (login required)

View Item
View Item