Putri, Noviarta Rafiqah (2017) ANALISIS HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA KELAS XI YANG DIBERI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MENGGUNAKAN MEDIA KOMPUTER DENGAN SOFTWARE POWERPOINT PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123131068 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4123131068 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM 4123131068 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. NIM 4123131068 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
6. NIM 4123131068 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM 4123131068 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM 4123131068 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9. NIM 4123131068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
10. NIM 4123131068 BAB I.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
14. NIM 4123131068 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
15. NIM 4123131068 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
3. NIM 4123131068 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia
siswa SMA kelas XI yang diberi model pembelajaran berbasis proyek
menggunakan media komputer dengan software powerpoint pada pokok bahasan
koloid
Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Medan alamat Jln. Willem Iskandar
No.7B Medan, dan waktu penelitian dilaksanakan pada April sampai Mei 2016.
Sampel kelas dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling yaitu
dengan mengambil dua kelas dari populasi secara acak. Untuk sampel siswa
diambil dengan sampling purposif dilihat dari kesamaan hasil pretes.Sampel siswa
yang dipilih dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 6 (kelas eskperimen)
dan kelas XI IPA 4 (kelas kontrol). Penelitian ini menggunakan rancangan
Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan data untuk hasil belajar
siswa diperoleh dari tes hasil belajar yang menggunakan instrumen tes yang valid
sebanyak 23 soal.
Perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada kedua kelas dilihat dari
perolehan nilai gain yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis
proyek menggunakan media komputer dengan software powerpoint yaitu 0,722
(tinggi) dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung berbasis proyek
menggunakan media komputer dengan software powerpoint yaitu 0,656 (rendah).
Berdasarkan uji-t, diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 1,823 sedangkan ttabel
sebesar 1,668 pada taraf α = 0,05 dan db = 70, sehingga thitung > ttabel. Hal ini
berarti Ho ditolak, berarti ada peningkatan hasil belajar kimia siswa SMA kelas
XI yang diberi model pembelajaran berbasis proyek menggunakan media
komputer dengan software powerpoint pada pokok bahasan koloid
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 002 |
Keywords: | Media Pembelajaran, Koloid, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2017 07:00 |
Last Modified: | 14 Feb 2017 07:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22960 |