Supiani (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE-A MACTH DI KELAS X MADRASAH ALIYAH YASPEN MUSLIM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4122111019 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. 4122111019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
4. 4122111019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
5. 4122111019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
6. 4122111019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
7. 4122111019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. 4122111019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. 4122111019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
10. 4122111019 BAB I.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
14. 4122111019 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
15. 4122111019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
3. 4122111019 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
matematika siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan model
pembelajaran kooperatif tipe Make-AMacth pada materi bentuk pangkat dan akar
di kelas X madrasah Aliyah Yaspen Muslim.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS Yaspen Muslim
di Kec.Tanjung Pura, Kab. Langkat pada Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 4
kelas dengan jumlah siswa sebanyak 98 orang. Populasi pada penelitan ini dari 4
kelas dipilih 2 kelas secara acak sebagai kelas eksperimen A untuk pembelajaran
kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan kelas eksperimen B untuk
pembelajaran kooperatif tipe Make - A macth. Jenis penelitian ini adalah
eksperimen dengan instrumen berupa essai tes yang telah valid dengan jumlah 6
butir soal pretest dan 6 butir soal postest.
Nilai rata-rata hasil pretest eksperimen A sebesar 39,875 dan nilai rata-rata
hasil pretest kelas eksperimen B sebesar 35,25. Dari hasil analisis data pretest
kelas eksperimen A diperoleh L0 = 0,169 < Ltabel = 0,173, dan data pretest kelas
eksperimen B diperoleh L0=0,154 < Ltabel = 0,173. Sehingga disimpulkan data
pretest kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pretest
diperoleh bahwa kedua sampel homogen, dengan Fhitung = 1,21 < Ftabel = 2,01.
Nilai rata-rata hasil postest kelas eksperimen A sebesar 70,375 dan nilai
rata-rata hasil postest kelas eksperimen B sebesar 68,75. Dari hasil analisis data
postest kelas eksperimen A diperoleh L0 = 0,118 < Ltabel = 0,173, dan hasil postest
kelas eksperimen B diperoleh L0= 0,159 < Ltabel = 0,173. Sehingga disimpulkan
data postest kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data postest
kedua sampel homogen dengan Fhitung = 1,24 < Ftabel = 2,01. Setelah dilakukan uji
hipotesis menggunakan uji-t diperoleh bahwa thitung = 0,412 dan ttabel = 1,655. Hal
ini berarti thitung < ttabel maka H0 tidak ditolak dan H1 ditolak. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan model
pembelajaran kooperatif tipe Make A macth lebih tinggi dari hasil belajar
matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head
Together (NHT) di kelas X Madrasah Aliyah Yaspen Muslim
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 005 |
Keywords: | Hasil Belajar, Number Head Together (NHT), Make-A Match. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2017 05:11 |
Last Modified: | 14 Feb 2017 05:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22957 |