Wulandari (2016) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI (SELF-CONFIDENCE) DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DI MAN KISARAN T.P.2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 4123111087 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM. 4123111087 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
NIM. 4123111087 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
NIM. 4123111087 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
NIM. 4123111087 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
NIM. 4123111087 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM. 4123111087 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
NIM. 4123111087 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
NIM. 4123111087 BAB I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
NIM. 4123111087 BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
NIM. 4123111087 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat hubungan dan
seberapa besar hubungan kepercayaan diri siswa dengan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa dengan menggunakan model PBL di kelas X IPS 1
MAN Kisaran tahun pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Kisaran yang terdiri atas 9 kelas
dengan masing-masing jumlah siswa 30 orang. Pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini
adalah kelas X IPS 1. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah
angket yang berjumlah 22 butir dan tes essay yang berjumlah 3 butir soal.
Sebelum instrumen diberikan kepada siswa, terlebih dahulu masing-masing
instrumen divalidasi oleh dua orang dosen matematika dan guru matematika.
Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas
dan homogenitas data. Uji normalitas dari suatu data menggunakan uji Lilliefors
dan homogenitas dengan uji F. Uji normalitas untuk data kepercayaan diri
diperoleh 0,072 Lhitung 0,163 Ltabel maka H0 diterima, artinya data skor
angket kepercayaan diri siswa berasal dari populasi yang berdistribusi normal.
sedangkan uji normalitas untuk data kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa diperoleh 0,143 0,163 hitung tabel L L maka H0 diterima, artinya data skor
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berasal dari populasi yang
berdistribusi normal. Uji homogenitas diperoleh 0,05(29,29) 1,14 1,86 hitung F F ,
maka H0 diterima artinya data kepercayaan diri dan kemampuan pemecahan
masalah matematika berasal dari populasi yang sama (homogen)
Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh bahwa terdapat hubungan antara
kepercayaan diri dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
dengan menggunakan model PBL di MAN Kisaran yang ditunjukkan dengan
15,084 2,048 hitung tabel t t . Hubungan yang ada antara kepercayaan diri siswa
dengan kemampuan pemecahan masalah matematika ditunjukkan dengan
r 0,94 , artinya semakin tinggi kepercayaan diri siswa maka semakin tinggi
kemampuan pemecahan masalah matematika, dan semakin rendah kepercayaan
diri siswa maka semakin rendah kemampuan pemecahan masalah matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 001 |
Keywords: | Kepercayaan Diri, Pemecahan Masalah, Karateristik Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2017 04:55 |
Last Modified: | 14 Feb 2017 04:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22954 |