Kurniawan, Ridho (2016) PENGARUH KONSEP DIRI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG MANAJEMEN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA YAYASAN PERGURUAN RAKYAT T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 7123141119 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
NIM. 7123141119 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
NIM. 7123141119 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
NIM. 7123141119 PREFACE.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
NIM. 7123141119 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
NIM. 7123141119 TABLES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
NIM. 7123141119 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
NIM. 7123141119 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
NIM. 7123141119 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
NIM. 7123141119 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
NIM. 7123141119 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya prestasi belajar siswa
kelas XI pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui Pengaruh Konsep Diri dan Persepsi Siswa Tentang Manajemen Kelas
Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Swasta Rakyat Pancurbatu
Tahun Pelajaran 2015/2016
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Rakyat Pancurbatu dengan
populasi sebanyak 60 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 60 siswa dengan
teknik total sampling dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa
angket atau kuesioner. Uji validitas angket menggunakan rumus Product Moment
Pearson, dan dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Analisis
data menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Linear Berganda, Koefisien
Determinasi, dan uji hipotesis dengan uji t dan uji F.
Teknik analisis data dilakukan dengan program SPSS versi 20 diperoleh
persamaan regresi linear berganda Y = 33,052 + 0,214X1 + 0,442X2. Hasil
pengujian hipotesis pada konsep diri diperoleh thitung sebesar 2,138 sedangkan ttabel
= 1,672 pada taraf signifikan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian thitung > ttabel
atau 2,138> 1,672 sehingga hipotesis diterima ada pengaruh yang positif dan
signifikan. Sedangkan Hasil pengujian hipotesis pada manajemen kelas diperoleh
thitung sebesar 2,694 sedangkan ttabel = 1,672. Dengan demikian thitung > ttabel atau
2,833> 1,669 sehingga hipotesis diterima, yaitu ada pengaruh yang positif dan
signifikan. Secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan konsep
diri dan manajemen kelas terhadap prestasi belajar hal ini terlihat dari hasil
perhitungan Fhitung > Ftabel atau 14,159> 3,14.
Dapat disimpulkan bahwa konsep diri dan manajemen kelas yang baik
akan berpotensi meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 NIAGA 003 |
Keywords: | Konsep Diri, Manajemen Kelas, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2017 04:01 |
Last Modified: | 14 Feb 2017 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22947 |