Sihombing, Andrio Gianta (2016) PENGARUH KECERDASAN MATEMATIS LOGIS DAN GAYA BELAJAR KINESTETIK SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141010 COVER ANDRIO.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM 7123141010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 7123141010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
4. NIM 7123141010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
5. NIM 7123141010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
6. NIM 7123141010 TABLE.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM 7123141010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
8. NIM 7123141010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM 7123141010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (733kB) | Preview
13. NIM 7123141010 ACHAPTER V.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
14. NIM 7123141010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar ekonomi siswa
yang belum memuaskan dan apakah kecerdasan matematis logis dan gaya belajar
kinestetik siswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi
belajar ekonomi SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan matematis logis dan gaya
belajar kinestetik terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 4
Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4
Medan Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 10 kelas MIA dan 2 kelas IIS
yang berjumlah 479 siswa. Sampel penelitian ini adalah 119 siswa dengan teknik
pengambilan sampel yaitu secara proporsional random sampling (acak). Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah dengan studi dokumen, tes, angket,
wawancara. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus
cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier
berganda, uji asumsi klasik, R2, uji t dan uji F.
Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi linier berganda Y=10,036+
0,366X1 + 0,485X2 yang berarti semakin baik kecerdasan matematis logis dan
gaya belajar kinestetik siswa maka semakin baik pula prestasi belajar. Pada uji
Determinan R2 diperoleh nilai R = 0,621 yaitu menyatakan bahwa kecerdasan
matematis logis dan gaya belajar kinestetik berpengaruh 62,1%. Pada uji t
diperoleh nilai thitung> ttabel (4,123 > 1,661) ada pengaruh yang positif dan
signifikan kecerdasan matematis logis terhadap prestasi siswa. Nilai thitung> ttabel
(6,534 > 1,661) ada pengaruh yang signifikan dari gaya belajar kinestetik terhadap
prestasi belajar siswa. Dan antara kecerdasan matematis logis dan gaya belajar
kinestetik secara bersama – sama terhadap prestasi pada siswa didapat dengan
nilai Fhitung>Ftabel, (75,261 > 2,68).
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara uji t (parsial) kecerdasan
matematis logis berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar
ekonomi siswa. Dan gaya belajar kinestetik siswa berpengaruh positif yang
signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Secara uji F (simultan)
kecerdasan matematis logis dan gaya belajar kinestetik siswa berpengaruh positif
yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 NIAGA 001 |
Keywords: | Kecerdasan Matematis Logis, Gaya Belajar Kinestetik Siswa, Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BC Logic H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2017 03:52 |
Last Modified: | 14 Feb 2017 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22943 |