Hutauruk, Jefryanto (2017) RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER DENGAN PEMANFAATAN APLIKASI LECTORA INSPIRE PADA PEMBELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK UNTUK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAAT TENAGA LISTRIK (TIPTL) KELAS XI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5123131020 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
02. NIM 5123131020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
03. NIM 5123131020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
04. NIM 5123131020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
05. NIM 5123131020 LIST OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
06. NIM 5123131020 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
07. NIM 5123131020 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
08. NIM 5123131020 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. NIM 5123131020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
013. NIM 5123131020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
014. NIM 5123131020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
Abstract
Rancang bangun media pembelajaran dalam penelitian ini adalah proses pembuatan sebuah media menggunakan software Lectora Inspire yang bertujuan untuk merancang media pembelajaran instalasi penerangan listrik bangunan sederhana, serta untuk melihat hasil kelayakan media tersebut digunakan sebagai media pembelajaran. Lectora Inspire merupakan perangkat lunak aplikasi yang memberikan fasilitas untuk mendukung kebutuhan dalam mengembangkan materi ajar dan materi uji (Evaluasi) berbentuk multimedia interaktif yang dinamis, mudah, dan berkualitas. Model yang digunakan dalam pengembangan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan metode penelitian yang digunakan adalah (Research & Development) dengan tahapan diawali potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk kelas kecil, revisi produk, uji coba pemakaian kelas besar, revisi produk, dan berakhir pada produksi massal. Media hasil pengembangan divalidasi oleh dua orang ahli media dan dua ahli materi. Hasil validasi ahli media 1 dan ahli media 2 menyatakan media ini sangat baik dan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dimana ahli media 1 memberi skor validasi sebesar 4,85 dan ahli media 2 sebesar 4,50. Selain itu hasil validasi ahli materi 1 dan ahli materi 2 menyatakan media ini sangat baik dan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dari segi materi dimana ahli materi 1 memberi skor validasi sebesar 4,64 dan ahli materi 2 memberi skor validasi sebesar 4,05. Pengujian kelas kecil kepada 4 orang siswa diperoleh skor sebesar 3,94 dan menyatakan media ini baik dan layak digunakan. Setelah media direvisi dan dilakukan pengujian kelas besar kepada 25 orang siswa diperoleh skor sebesar 4,32 dan menyatakan media ini sangat baik dan sangat layak digunakan.