PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 TEBINGTINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Gultom, Jonas Benni (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 TEBINGTINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 COVER.pdf]
Preview
Text
1 COVER.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2123111037 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2123111037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2123111037 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2123111037 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.2123111037 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.2123111037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 5. nim. 2123111037 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. nim. 2123111037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2123111037 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2123111037 TABLES.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2123111037 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2123111037 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2123111037 LIST OF FIGURE.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2123111037 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 2123111037 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 2123111037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (658kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2123111037 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2123111037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 2123111037 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 2123111037 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Kooferatif Tipe Stad( Student Team Achievement Devision ) Terhadap
Kemampuan Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tebing
Tinggi. Populasi penelitian ini adalah 213 siswa dan sampel penelitian dilakukan
terhadap 33 siswa kelas X SMA Negeri 3 tebing tinggi Tahun Pembelajarn
2016/2017. Dalam penelitian ini, subjek terdiri dari satu kelompok yaitu kelas
eksperimen. Pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen
(pre-test) dan sesudah (post-test). Dengan desain ini, pengaruh dari eksperimen
dapat diketahui pasti karena telah menggunakan tes awal.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan, kemampuan menulis teks
Anekdot yang menggunakan model pembelajaran Kooferatif Tipe Stad( Student
Team Achievement Devision pada siswa kelas X Sma Negeri 3 tebing tinggi
Tahun Pembelajaran 2016/2017 adalah baik dengan nilai rata-rata 87,42.
Kemampuan menulis teks Anekdot sebelum menggunakan model pembelajaran
pada siswa kelas X SMA Negeri 3 tebing tinggi Tahun Pembelajaran 2016/2017
adalah cukup dengan nilai rata-rata 71,81. Model pembelajaran Kooperatif Tipe
Stad ( Student Team Achievement Devision ) berpengaruh dalam meningkatkan
kemampuan siswa menulis teks Anekdot. Ini terbukti dari hasil uji t diperoleh
nilai thitung > ttabel(0,05) yakni 8,67 > 2,03. Untuk itu perlunya guru bidang studi
bahasa Indonesia di sekolah setempat meningkatkan pembelajaran menulis teks
anekdot kepada siswa dengan menerapkan model pembelajaran karena model
pembelajaran ini terbukti berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis
teks Anekdot.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 IND 006
Keywords: model , kooperatif tipe, stad, menulis, teks anekdot
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Feb 2017 07:13
Last Modified: 10 Feb 2017 07:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22907

Actions (login required)

View Item
View Item