Sabrida, Yusi (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS BUDAYA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS YMPI TANJUNGBALAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146171091 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM 8146171091 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
3. NIM 8146171091 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4. NIM 8146171091 PREFACE.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM 8146171091 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
6. NIM 8146171091 TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM 8146171091 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
8. NIM 8146171091 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM 8146171091 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (885kB) | Preview
13. NIM 8146171091 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM 8146171091 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis menggunakan bahan ajar yang dikembangkan, (2) Peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan bahan ajar yang dikembangkan, (3) Efektifitas bahan ajar yang dikembangkan, (4) Respon siswa dalam menggunakan bahan ajar yang dikembangkan, (5) Jenis kesalahan penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan bahan ajar dan tahap kedua mengujicobakan bahan ajar yang dikembangkan di kelas VII/1 dan VII/2 MTs YMPI Tanjungbalai. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis menggunakan bahan ajar yang dikembangkan; (2) Adanya peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan bahan ajar yang dikembangkan; (3) bahan ajar memenuhi keefektifan, efektivitas ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) waktu pembelajaran; (4) respon siswa positif terhadap bahan ajar yang dikembangkan; (5) terdapat 4 jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa. Selanjutnya, disarankan agar guru dapat menggunakan bahan ajar berbasis budaya dengan pendekatan realistik sebagai alternatif pembelajaran, dengan bimbingan atau pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dapat terjangkau oleh siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami masalah-masalah kontekstual yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sab p |
Keywords: | Pendekatan realistik; Budaya melayu tanjungbalai; Kemampuan komunikasi matematis; Motivasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Feb 2017 03:08 |
Last Modified: | 10 Feb 2017 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22898 |