Siregar, Muhammad Isa (2016) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING ( MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN) DAN PROJECT BASED LEARNING (BERBASIS PROYEK ) PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA KELAS XI. Masters thesis, UNIMED.
8146142024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8146142024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8146142024 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8146142024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8146142024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8146142024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
8146142024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8146142024 BAB I.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8146142024 BAB V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8146142024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
8146142024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh penuntun praktikum yang layak digunakan, serta efektif dan efisien dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dan quasy eksperimen. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik random purposive sampling, dimana terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Penuntun praktikum yang biasa digunakan disekolah dan penuntun praktikum kimia terintegrasi model pembelajaran penemuan dan berbasis proyek masing- masing divalidasi oleh validator ahli yang terdiri dari 2 orang dosen dan 13 orang guru. Rata-rata hasil validitas penuntun praktikum yang biasa digunakan disekolah adalah 3,60 yaitu dengan kriteria valid, namun perlu adanya pengembangan dari beberapa aspek, sedangkan rata-rata hasil validasi penuntun praktikum kimia terintegrasi model pembelajaran penemuan dan berbasis proyek adalah 4,40 dengan kriteria sangat valid dan tidak perlu revisi. Secara terperinci kualitas penuntun praktikum kimia terintegrasi model pembelajaran penemuan dan berbasis proyek ditinjau dari berbagai aspek memiliki nilai masing- masing yaitu cakupan materi 4,43, sistematika penyajian 4,31, wawasan produktivitas 4,51, keingintahuan 4,35, kecakapan hidup 4,33, desain 4,40, dan bahasa 4,50 yang tergolong dalam kriteria sangat valid dan tidak perlu direvisi sehingga layak untuk dipergunakan dalam pembelajaran. Hasil ujicoba menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan penuntun yang biasa digunakan di sekolah sebesar 38 % sedangkan dengan menggunakan penuntun praktikum kimia terintegrasi model pembelajaran penemuan dan berbasis proyek sebesar 73% sehingga dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum kimia terintegrasi model pembelajaran penemuan dan berbasis proyek sangat efektif dan efisien untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Sir p |
Keywords: | penuntun praktikum kimia, model penemuan, berbasis proyek, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 08 Feb 2017 03:29 |
Last Modified: | 08 Feb 2017 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22894 |