Yani, Putri Indah (2009) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN HASIL PENGAMATAN OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.
SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada
materi menulis laporan hasil pengamatan dengan mengunakan metode yang sesuai
yaitu metode Problem Based Instruction yang dilaksanakan pada Juli-Agustus.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun
pembelajaran 2009/2010. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IS 3 sebanyak 36
orang siswa dari jumlah populasi 267 orang siswa, di mana pengambilan sampel
dilakukan dengan cara mengacak kelas yakni memilih salah satu kelas dari tujuh
kelas yang menjadi populasi. Hal ini didukung oleh populasi yang homogen
sehingga pengambilan sampel dapat dilakukan dengan acak kelas.
Metode dalam penelitian ini bersifat quasi experimen (eksperimen semu).
Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test dengan rata-rata = 60, standar
deviasi = 7,77 dan termasuk pada kategori baik sebanyak 19,45%, kategori cukup
sebanyak 58,33%, kategori kurang sebanyak 22,22%. Hasil post test dengan ratarata
= 72, standar deviasi = 6,12, dan dari kategori baik sekali sebanyak 19,45%,
kategori baik sebanyak 47,22%, dan kategori cukup sebanyak 33,33%. Dari uji
data hasil pre test dan post test di dapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji
homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang
homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah t0 sebesar 3,67.
Selanjutnya t0 diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf
signifikasi 5% dengan df=N-1=36-1=35. dari df=35 diperoleh taraf signifikasi
5%=2,03. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 3,67>2,03, maka
hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa metode Problem Based Instruction
mampu meningkatkan atau berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam
menulis laporan hasil pengamatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2009 IND |
Keywords: | Menulis,Hasil Pengamatan,Metode Pembelajaran PBI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Feb 2017 08:11 |
Last Modified: | 07 Feb 2017 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22890 |