Maisarah (2009) KONTRIBUSI PENGUASAAN FAKTA DAN OPINI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI OLEH SISWA KELAS XI SMA DWIWARNA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009. Undergraduate thesis, UNIMED.
Kulit.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
ABSTRAK1.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi penguasaan fakta
dan opini terhadap kemampuan menulis argumentasi Penelitian ini dilaksanakan di
SMA Dwiwarna Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA
Dwiwarna Medan tahun pembelajaran 2008/2009 sebanyak 59 orang. Jumlah
populasi ini dipandang relatif sedikit, maka seluruhnya diteliti (penelitian populasi).
Data penelitian dianalisis dengan dua cara, yaitu analisis verbal (deskriptif)
dan analisis statistik. Berdasarkan perolehan data diketahui nilai rata-rata penguasaan
fakta 66,44, penguasaan opini 67,37 dan kemampuan menulis argumentasi 69,92.
Ketiga nilai terebut dikategoirikan C (cukup).
Berdasarkan uji statistik korelatif ditemukan adanya korelasi positif antara
penguasaan fakta dengan kemampuan menulis argumentasi siswa dengan koefisien
korelasi sebesar 0,589 (korelasi cukup/sedang), artinya penguasaan fakta
berpengaruh nyata terhadap kemampuan menulis argumentasi, sementara
penguasaan opini juga berhubungan positif yang signifikan (nyata) dengan
kemampuan menulis argumentasi, korelasinya sebesar 0,519 (korelasi
cukup/sedang). Kemudian, penguasaan fakta memberikan sumbangan sebesar
44,70% terhadap kemampuan menulis argumentasi siswa, sedangkan sumbangan
penguasaan opini sebesar 28,70% terhadap kemampuan menulis argumentasi. Dapat
disimpulkan bahwa, semakin baik penguasaan fakta dan opini siswa maka semakin
tinggi pula tingkat kemampuan siswa menulis argumentasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2009 IND |
Keywords: | Penguasaan Fakta,Penguasaan Opini,Menulis Argumentasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Feb 2017 03:47 |
Last Modified: | 07 Feb 2017 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22886 |