PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN HASIL KEGIATAN OLEH SISWA KELAS V SD NEGERI 153012 FAJAR TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009

Situmeang, Elprida Tedti (2009) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN HASIL KEGIATAN OLEH SISWA KELAS V SD NEGERI 153012 FAJAR TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 3. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 4. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kolaboratif terhadap kemampuan menulis laporan hasil kegiatan siswa kelas V SD
Negeri 153012 Fajar kabupaten Tapanuli tengah.
Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan sampel yang
dilibatkan berjumlah 30 orang. Rumus yang digunakan dalam menganalisis data
ini adalah uji “t” dengan rumus:
1 2
1 2
0
M M SE
M M
t


=
Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre test= 64,9, standar
deviasi= 5,40, termasuk kategori cukup dan kurang. Kategori cukup = 73,3 %,
kategori kurang= 26,6 %. Nilai rata-rata post test= 80,06, standar deviasi= 6,15,
termasuk kategori sangat baik, baik dan cukup. Kategori sangat baik 26,6%,
kategori baik 60%, dan kategori cukup 13,3%.. Sebelum data dianalisis dengan
rumus uji “t”, data harus memenuhi persyaratan yaitu uji normalitas dan uji
homogenitas. Berdasarkan uji hipotesis ternyata to > tt yakni 10,52 > 1,70 pada
taraf signifikansi baik 5% dan 1% pada df N-1 maka dapat disimpulkan bahwa
data berdistribusi normal.
Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
kolaboratif berpengaruh terhadap kemampuan menulis laporan hasil kegiatan oleh
siswa kelas V SD Negeri 153012 Fajar tahun pembelajaran 2008/2009.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK - 2009 IND
Keywords: Model Pembelajaran,Kemampuan Menulis,Menyusun Laporan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Feb 2017 03:37
Last Modified: 06 Feb 2017 03:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22881

Actions (login required)

View Item
View Item