Siregar, Elfriati (2010) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP PRAYATNA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
2.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
3. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
4. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
5. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
6. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
7.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
8. BAB I.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
12. BAB V.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran experiential learning terhadap peningkatan keterampilan menulis puisi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 320 siswa kelas VII SMP Prayatna Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang yang diambil dengan teknik kluster. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu atau Quasi Eksperiment. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dengan rumus:
xyMMxyESMMto−−=
Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test dengan rata-rata = 63,25, standard deviasi = 6,85 dan termasuk pada kategori baik sebanyak 30%, kategori cukup sebanyak 62,5%, kategori kurang sebanyak 7,5%. Hasil post test dengan rata-rata = 79,5, standard deviasi = 7,14, dan dari kategori sangat baik sebanyak 35%, kategori baik sebanyak 60%, dan kategori cukup sebanyak 5%. Dari uji data hasil pre test dan post test di dapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sample penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah t0 sebesar 10,3 Selanjutnya t0 diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=40-1=39. dari df=39 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,03. karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 10,3>2,03, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh yang signifikan atas pengunaan model pembelajaran Experiential Learning terhadap peningkatan keterampilan menulis puisi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2010 IND |
Keywords: | Menulis Puisi,Experiential Learning,Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PR English literature > PR500 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Feb 2017 03:33 |
Last Modified: | 06 Feb 2017 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22880 |