Siagian, Beslina Afriani (2009) EFEKTIVITAS STRATEGI FORMASI REGU TEMBAK TERHADAP KEMAMPUAN APRESIASI NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SEI BAMBAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
7. DATAR TABEL.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
8. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan strategi formasi
regu tembak terhadap kemampuan siswa dalam mengapresiasi naskah drama pada
siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sei Bamban tahun pembelajaran 2009/ 2010.
Sampel penelitian ini berjumlah 48 orang dari 230 populasi yang ada.
Sampel tersebut akan dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Kelas eksperimen dikenai perlakuan strategi formasi regu tembak,
sedangkan kelas kontrol dikenai perlakuan strategi pembelajaran inkuiri.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
dengan desain penelitian control group pretest postest. Instrumen yang digunakan
adalah tes mengapresiasi drama dari segi unsur intrinsik dalam bentuk essay.
Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,20 sedangkan untuk kelas
kontrol adalah 70,83. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai tes kelas
eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thitung
= 4,298 pada taraf signifikan α = 5% dari daftar distribusi t dk (n-1) = 24-1 = 23,
maka diperoleh ttabel = 2,014 dan pada taraf signifikansi α = 1% dari daftar
distribusi t dk (n-1) = 24-1 = 23, ttabel = 2,692 . Jadi, thitung > ttabel = 2,014 < 4,298
> 2,692. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima, artinya penggunaan
strategi formasi regu tembak efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan
mengapresiasi naskah drama.
Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa Strategi formasi regu
tembak efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan apresiasi naskah
drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sei Bamban Tahun Pembelajaran
2009/ 2010
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2009 IND |
Keywords: | Pembelajaran Formasi Regu Tembak,Naskah Drama,Tokoh dan Penokohan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Feb 2017 08:08 |
Last Modified: | 03 Feb 2017 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22872 |