Saragih, Arma Ulinawati (2009) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT DALAM MENULIS KARANGAN BERDASARKAN HASIL PENGAMATAN OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BAHOROK TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
2.Persetujuan Skripsi untuk Sidang.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
3.PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran
Critical Incident efektif digunakan dalam menulis karangan berdasarkan hasil
pengamatan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bahorok tahun pembelajaran
2008/2009. Populasi adalah siswa kelas VII yang berjumlah 214 orang. Dari
populasi, ditetapkan sampel secara acak sebanyak 55 orang dan dibagi menjadi dua
kelompok. Pertama, kelompok strategi pembelajaran Critical Incident, kedua,
kelompok strategi pembelajaran inkuiri.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan instrumen tes
kemampuan menulis karangan berdasarkan hasil pengamatan yang diujikan setelah
masing-masing kelompok mengikuti strategi pembelajaran Critical Incident dan
inkuiri. Karena penelitian ini bersifat komparatif, maka harga skor variabel X dan
variabel Y diperbandingkan satu sama lain. Analisis pebandingan yang digunakan
adalah statistik “t”.
Dari hasil perbandingan kemampuan menulis karangan berdasarkan hasil
pengamatan melalui strategi pembelajaran Critical Incident dengan strategi
pembelajaran inkuiri, diperoleh thitung > ttabel (6,18 > 2,01), jadi strategi pembelajaran
critical incident lebih baik digunakan dalam pembelajaran menulis karangan
berdasarkan hasil pengamatan dibandingkan dengan strategi pembelajaran inkuiri.
Skor antara variabel X dan variabel Y juga berbeda (lebih besar variabel X).
Ini berarti kemampuan menulis karangan berdasarkan hasil pengamatan melalui
strategi pembelajaran critical incident lebih baik dibandingkan dengan strategi
pembelajaran inkuiri. Dengan demikian, strategi pembelajaran critical incident lebih
baik digunakan dalam pembelajaran menulis karangan berdasarkan hasil pengamatan
dibandingan dengan strategi pembelajaran inkuiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2009 IND |
Keywords: | Strategi Pembelajaran,Wisata Alam,Karangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Feb 2017 08:37 |
Last Modified: | 02 Feb 2017 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22868 |