Daulay, Hilda Masitha (2008) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MENDESKRIPSIKAN TABEL DENGAN MODEL PENOMORAN KELIMAT DAN MODEL MENULIS BERDASARKAN GAMBAR OLEH SISWA KELAS VIII SMP KESATRIA MANDIRI MEDAN TP 2007/2008. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
3. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
5, BAB I.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil pembelajaran
mendeskripsikan tabel dengan model penomoran dengan hasil pembelajaran
perbandingan pembelajaran mendeskripsikan tabel dengan model menulis
berdasarkan gambar. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP Kesatria Mandiri Medan tahun pembelajaran 2007/2008 yang berjumlah 350
orang siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 88 orang dari 150 orang dari jumlah
populasi dengan penetapan berdasarkan teknik random sampling.
Metode dalam penelitian ini bersifat eksperimen, dengan menggunakan
rumus:
1 2
1 2
M M
o SE
t M M
−
−
=
Dari pengolahan data diperoleh adalah Variabel X dengan rata-rata= 72,73,
standar deviasi =12,22 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 14 atau 35%,
kategori baik sebanyak 13 orang atau 32,5 %, kategori cukup sebanyak 14 orang atau
35 %, dan kategori kurang sebanyak 3 orang atau 7,5 %. Hasil variabel Y dengan ratarata=
66,82 standar deviasi= 11,84 dan dari kategori baik sebanyak 16 orang atau 40
%, kategori cukup sebanyak 19 orang atau 47,5 %, dan kategori kurang sebanyak 9
orang atau 22,5 %. Dari uji data hasil Variabel X dan Variabel Y didapat kedua hasil
berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini
berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas
didapatlah to sebesar 3,08. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan
tabel t pada taraf signifikansi 5% maupun 1% dengan df =N-1=44-1=43. Karena pada
tabel df =43. Dari df= 43diperoleh taraf signifikansi 5%= 2,02 dan 1%= 2,71. Karena
to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,02<3,08>2,71, maka hipotesis nihil (Ho)
ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara
hasil pembelajaran mendeskripsikan tabel dengan model penomoran kalimat dengan
model menulis berdasarkan gambar oleh siswa kelas VIII SMP Kesatria Mandiri
Medan tahun pembelajaran 2007/2008
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2008 |
Keywords: | Model Pembelajaran, Menulis Deskripsi, Paragraf |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Feb 2017 05:31 |
Last Modified: | 02 Feb 2017 05:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22863 |