Fahmi, Akmal (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN GEOGEBRA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAMUDERA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136171003 COVER.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
2. NIM. 8136171003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (708kB) | Preview
3. NIM. 8136171003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
4. NIM. 8136171003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
5. NIM. 8136171003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
6. NIM. 8136171003 TABLES.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
7. NIM. 8136171003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
8. NIM. 8136171003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
9. NIM. 8136171003 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM. 8136171003 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
14. NIM. 8136171003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (859kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa SMP melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan GeoGebra lebih baik daripada peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa, (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa SMP melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan GeoGebra lebih baik daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa, (3) Interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematik, (4) Interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik, (5) Tahapan jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Samudera. secara purpose sampling dipilih dua kelas dari tujuh kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Geogebra dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) Tes kemampuan penalaran matematik, (2) Tes kemampuan komunikasi matematik. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,629 dan 0,694 berturut-turut untuk kemampuan penalaran matematik dan komunikasi matematik. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan (1) Peningkatan kemampuan penalaran dan komunikasi matematik siswa SMP melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Geogebra lebih baik daripada peningkatan kemampuan penalaran dan komunikasi matematik siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. (2) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan peningkatan penalaran dan komunikasi matematik. (3) Tahapan penyelesaian jawaban siswa yang pembelajaranya dengan mengunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Geogebra lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Fah p |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis masalah; Geogebra; Penalaran matematik; Komunikasi matematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jan 2017 08:47 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22829 |