Saleh, Agus (2015) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP TAPANULI SELATAN PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2 lembar pengesahan Agus.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
3 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 BAB I.pdf - Published Version
Download (780kB) | Preview
12 BAB V.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
13 PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas modul matematika berbasis bahasa inggris untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa pendidikan matematika STKIP Tapanuli Selatan Padangsidimpuan serta peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa dengan menggunakan modul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi antara Model pengembangan 4-D. Tahapan penelitian ini adalah tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Ujicoba dilakukan pada mahasiswa Semester V Pendidikan Matematika STKIP Tapanuli Selatan Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Validitas modul matematika berbasis bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa pendidikan matematika STKIP “Tapanuli Selatan” Padangsidimpuan adalah sangat valid; 2) Kepraktisan modul matematika berbasis bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa pendidikan matematika STKIP “Tapanuli Selatan” Padangsidimpuan adalah praktis digunakan. Hal ini diperoleh dari hasil analisis data respons mahasiswa terhadap modul yakni mahasiswa memberikan respons yang positif; 3) Modul matematika berbasis bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa pendidikan matematika STKIP “Tapanuli Selatan” Padangsidimpuan efektif digunakan. Hal ini terlihat dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa setelah perkuliahan dengan menggunakan modul ini tuntas karena ≥ 80% dari subjek uji coba memenuhi ketuntasan belajar dan adanya aktivitas yang positif dari mahasiswa dan 4) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa pendidikan matematika STKIP “Tapanuli Selatan” Padangsidimpuan dengan menggunakan modul matematika berbasis bahasa Inggris berada pada kriteria sedang. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dilihat dari keempat aspek yaitu memahami masalah, merencanakan solusi, melaksanakan rencana, memeriksa proses dan jawaban. Adapun Peningkatan kemampuan pemecahan masalah tertinggi berada pada aspek memahami masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 1 Sal p |
Keywords: | Matematika; Modul; Sistem pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jan 2017 08:18 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22826 |