Yani, Ahmad Fauzi Syahputra (2015) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS XI PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SESUAI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN DAN BERBASIS PROYEK. Masters thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum hidrolisis garam sesuai model pembelajaran penemuan dan berbasis proyek. Penuntun praktikum dikembangkan berdasarkan sintaks model pembelajaran penemuan dan berbasis proyek. Penuntun praktikum yang telah disusun divalidasi oleh dosen dan diujicobakan ke sekolah. Lokasi penelitian yaitu SMA Dharma Pancasila Medan dengan waktu penelitian pada bulan Februari sampai Maret 2015. Sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen I yang diajar menggunakan penuntun praktikum sesuai model penemuan dan kelas eksperimen II yang diajar menggunakan penuntun praktikum sesuai model pembelajaran berbasis proyek. Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada dosen dan guru diketahui bahwa nilai rata-rata penuntun berbasis proyek lebih tinggi dibandingkan dengan penemuan. Hal ini bertolak belakang dengan peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar yang diajar dengan menggunakan penuntun penemuan yaitu sebesar 79,48% dan yang diajar dengan menggunakan penuntun berbasis proyek yaitu sebesar 60,33%. Hal ini terjadi karena umumnya siswa masih belum terbiasa mencari dan menyusun sendiri rancangan praktikum sebagaimana yang harus dilakukan pada kelas yang menerapkan model berbasis proyek.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 2 Yan p |
Keywords: | Praktikum; Penemuan; Proyek |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jan 2017 07:39 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22824 |