Siagian, Erwina Laily (2015) ANALISIS KEMAMPUAN GURU BIOLOGI DALAM MENGEVALUASI HASIL BELAJAR SISWA DI SMA SE KOTA PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
NIM. 8126174005 - 01 COVER.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
NIM. 8126174005 - 02 LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
NIM. 8126174005 - 03 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
NIM. 8126174005 - 04 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
NIM. 8126174005 - 05 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
NIM. 8126174005 - 06 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
NIM. 8126174005 - 07 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
NIM. 8126174005 - 08 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
NIM. 8126174005 - 09 BAB I.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
NIM. 8126174005 - 13 BAB V.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
NIM. 8126174005 - 14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) pemahaman guru biologi tentang evaluasi hasil belajar siswa; (2) kemampuan guru biologi dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar siswa (perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut) pada materi ekosistem kelas X SMA; dan (3) jenis evaluasi apa saja yang digunakan guru biologi di SMA se Kota Padangsidimpuan dalam menilai hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode survei dengan sampel penelitian sebanyak 36 guru biologi SMA kelas X se Kota Padangsidimpuan. Instrumen penelitian menggunakan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan: (1) pemahaman guru biologi di SMA se Kota Padangsidimpuan dalam mengevaluasi hasil belajar siswa rata-rata tergolong paham dengan skor rata-rata sebesar 13,81. Dari 36 guru sebanyak 5,6% guru yang tergolong sangat paham; sebanyak 58,3% guru tergolong paham; dan sebanyak 36,1% guru tergolong cukup paham; (2) kemampuan guru-guru biologi di SMA se Kota Padangsidimpuan dalam mengevaluasi hasil belajar siswa, rata-rata tergolong kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 3,03. Dari 36 guru, sebanyak 11,1% guru yang kemampuannya tergolong sangat baik; sebanyak 80,6% guru yang kemampuannya tergolong baik; dan 8,3% guru yang kemampuannya tergolong cukup baik; dan (3) teknik atau jenis tes yang digunakan guru sangat beragam yaitu jenis tes essai atau uraian, tes pilihan berganda, tes melengkapi, tes lisan dan tes tindakan, sedangkan jenis non tes yang paling banyak digunakan guru antara lain observasi, penilaian sikap, penilaian diri dan daftar check list. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru biologi untuk lebih meningkatkan pemahaman dan kemampuannya dalam melaksanakan evaluasi dengan mengikuti pelatihan atau workshop, seminar-seminar atau dengan memberdayakan MGMP sehingga diharapkan hasil belajar mengajar dapat tercapai secara optimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Sia a |
Keywords: | Kemampuan guru; Evaluasi; Biologi; |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jan 2017 04:19 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22820 |