Sihombing, Yovanna Theresia (2014) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIOLOGI PENCEMARAN LINGKUNGAN BERBASIS LITERASI SAINS KELAS X SMA/MA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8116174019 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM 8116174019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (608kB) | Preview
3. NIM 8116174019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4. NIM 8116174019 PRREFACE.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM 8116174019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM 8116174019 TABLES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM 8116174019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 8116174019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 8116174019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
13. NIM 8116174019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
14. NIM 8116174019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan buku ajar Biologi pencemaran lingkungan berbasis literasi sains kelas X SMA/MA; (2) mengetahui tanggapan guru bidang studi Biologi dan siswa terhadap buku ajar yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan produk Borg dan Gall, yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Model ini meliputi enam tahapan, yaitu: 1. Melakukan penelitian pendahuluan; 2. Perencanaan produk 3. Pengumpulan bahan; 4. Pengembangan produk awal; 5. Validasi produk; 6. Revisi dan uji coba. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket/kuisioner. Data-data dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validasi tim ahli materi berada pada kriteria “sangat baik” (87,98%); (2) validasi tim ahli desain pembelajaran berada pada kriteria “baik” (78,5%), (3) penilaian guru bidang studi Biologi berada pada kriteria “sangat baik” (89,8%), (4) uji coba perorangan berada pada kriteria “Sangat Baik” (95%), (5) Uji coba kelompok kecil berada pada kriteria “Sangat Baik” (91,38%), (6) Uji coba kelompok lapangan terbatas berada pada kriteria “Sangat Baik” (83,43%); sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan penelitian buku ajar Biologi pencemaran lingkungan berbasis literasi sains yang dikembangkan ini layak untul digunakan sebagai buku ajar siswa kelas X SMA/MA atau sebagai penunjang pembelajaran Pencemaran Lingkungan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 571.950 712 Sih p |
Keywords: | Pengembangan buku ajar; Pencemaran lingkungan; Literasi sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jan 2017 04:14 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22819 |