Rambe, Tulus Priharja (2016) PELAKSANAAN METODE DEMONSTRASI SEBAGAI UPAYA PERBAIKAN HASIL BELAJAR LEMPAR TANGKAP BOLA KASTI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 060851 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 6122111015 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
02. NIM 6122111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
03. NIM 6122111015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
04. NIM 6122111015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
05. NIM 6122111015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
06. NIM 6122111015 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07. NIM 6122111015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
08. NIM 6122111015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
09. NIM 6122111015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
013. NIM 6122111015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
014. NIM 6122111015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbaikan hasil belajar lempar tangkap bola dalam permainan bola kasti melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SD Negeri 060851 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 060851 Medan berjumlah 28 orang, yang diberikan tindakan berupa pengajaran lempar tangkap bola melalui metode demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang dapat dianalisis. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar lempar tangkap bola diakhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian berupa portofolio, penelitian ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul dilakukan analisis, maka diperoleh hasil analisisnya dengan diberikan penerapan melalui metode demonstrasi. Maka diperoleh tes hasil belajar pada siklus I sebanyak 21 orang siswa yaitu 75% telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 7 orang siswa yaitu 25% belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. dengan nilai KKM 65 siswa tuntas belajar pada siklus I sebanyak 21 orang (75%) sedangkan siswa dengan kategori belum tuntas dalam belajar sebanyak 3 orang (10,71%) dan ketuntasan siswa pada siklus II sebanyak 25 orang (89,21%). Pembelajaran lempar tangkap bola melalui metode demonstrasi dapat memberikan pengaruh secara signifikan terhadap proses pembelajaran lempar tangkap bola kasti bagi siswa kelas V SD Negeri 060851 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 001 |
Keywords: | Hasil belajar; Permainan bola kasti; Demonstrasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jan 2017 08:29 |
Last Modified: | 25 Jan 2017 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22799 |