Alama, Fatwa (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PETA PIKIRAN DALAM MENULIS RANGKUMAN BUKU ILMU PENGETAHUAN POPULER SISWA KELAS VIII MTSN 2 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM. 8146192026 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
02. NIM. 8146192026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
03. NIM. 8146192026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
04. NIM. 8146192026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
05. NIM. 8146192026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
06. NIM. 8146192026 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
07. NIM. 8146192026 LIST OF DESIGN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. NIM. 8146192026 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
09. NIM. 8146192026 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
010. NIM. 8146192026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
014. NIM. 8146192026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
015. NIM. 8146192026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis peta pikiran pada materi menulis rangkuman buku ilmu pengetahuan populer yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan siswa kelas VIII MTsN 2 Padang Sidimpuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan yang berjumlah tiga puluh sembilan orang. Pemilihan subjek penelitian ini berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D. Pengembangan diawali dengan tahap pendefinisian, perancangan, dan diakhiri dengan pengembangan. Penelitian dimulai pada bulan September sampai dengan Oktober 2016. Selama penelitian, peneliti berkolaborasi dengan guru bahasa Indonesia. Data penelitian yang berbentuk kuantitatif diperoleh dari penilaian validator ahli, guru bahasa Indonesia, siswa, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, validitas modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis peta pikiran pada materi menulis rangkuman buku ilmu pengetahuan populer siswa kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan yang dirancang berkategori sangat valid (94,98%). Kedua, praktikalitas modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis peta pikiran pada materi menulis rangkuman buku ilmu pengetahuan populer siswa kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan berkategori sangat praktis (81,71%). Ketiga, efektivitas, modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis peta pikiran pada materi menulis rangkuman buku ilmu pengetahuan populer siswa kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan yang dirancang berkategori sangat efektif (86,74%), serta ketuntasan hasil belajar siswa memcapai 76,85 (34 orang dari 39 siswa) berkategori baik. Jadi, modul yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar di dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khusunya untuk materi menulis rangkuman buku ilmu pengetahuan populer siswa kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.071 Ala p |
Keywords: | Pengembangan; Menulis rangkuman; Peta pikiran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jan 2017 02:50 |
Last Modified: | 25 Jan 2017 06:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22781 |