PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS V SD NEGERI 064036 MEDANKOTA

Hasibuan, Sukriadi (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS V SD NEGERI 064036 MEDANKOTA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 COVER.pdf]
Preview
Text
1 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 2 lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
2 lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[thumbnail of 3 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 4 kata pengantar.pdf]
Preview
Text
4 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 5 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 6 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 7 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 9 bab I.pdf]
Preview
Text
9 bab I.pdf - Published Version

Download (807kB) | Preview
[thumbnail of 13 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 14 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran biasa (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran biasa (3) interaksi antara Pembelajaran Berbasis Masalah dan kemampuan awal matematik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa (4) interaksi antara pembelajaran Berbasis Masalah dan kemampuan awal matematik terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa (5) proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah terkait dengan kemampuan pemecahan masalah matematika dan komunikasi matematik siswa pada pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran biasa.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri 064036 Medankota. Kemudian secara acak dipilih dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pemebelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kemampuan komunikasi matematis. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,77 dan 0,75 berturut-turut untuk kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis. Analisis data dilakukan dengan uji anava 2 jalur. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa. Secara deskriptif juga dikaji jawaban dari rumusan masalah yaitu: proses penyelesaian jawaban siswa yang pembelajarannya dengan pembelajaran berbasis masalah lebih lengkap berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif. dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, dan memberi kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan gagasannya dalam bahasa dan cara mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.7 Has p
Keywords: Pemecahan masalah; Komunikasi tematik; Model pembelajaran; Pembelajaran biasa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Jan 2017 09:32
Last Modified: 23 Jan 2017 09:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22778

Actions (login required)

View Item
View Item