Simarmata, Rorio G. P. (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PENGGUNAAN ALAT UKUR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BALIGE T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. LEMBAR PENGASAHAN.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR S.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA rev.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar teknik penggunaan alat ukur siswa kelas X SMK Negeri 1 Balige. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas pada semester I Tahun Ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara clsuster random sampling dengan mengambil dua kelas yaitu X TP II sebagai kelas eksperimen dan X TP III sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 23 soal yang sudah diuji cobakan dan dianalisis terlebih dahulu. Sebelum dilakukan perlakuan pada dua kelas tersebut terlebih dahulu diberikan pretest atau untuk memperoleh data awal dalam penelitian ini, dan setelah diberikan perlakuan kemudian diberikan posttest untuk memperoleh data hasil belajar. Data dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa dan selanjutnya dianalisis untuk menguji hipotesis dengan uji t satu pihak. Hasil dari penelitian menunjukkan hasil belajar siswa sebelum pembelajaran antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang sama, ditunjukkan dengan peroleh uji homogenitas pretest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang homogen. Sesudah perlakuan pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran kontekstual hasilnya lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran ekspositori. Dari hasil analisis uji hipotesis dengan taraf α = 0,05 dan data perbandingan nilai posttest dari kedua kelas didapat bahwa harga thitung > ttabelatau jatuh pada daerah penerimaan Ha, dengan demikian diperoleh bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar teknik penggunaan alat ukur siswa kelas X SMK Negeri 1Balige.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 017 |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Pembelajaran kontekstual; Pembelajarab ekspositori; Hasil belajar; Teknik penggunaan alat ukur |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jan 2017 03:11 |
Last Modified: | 20 Jan 2017 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22753 |